Selasa, 16 Oktober 2012

MANFAAT AIR HANGAT


TAHUKAH Anda bahwa mandi air hangat itu memberi manfaat yang sangat baik bagi tubuh? Dengan mandi atau berendam air hangat tubuh kita lebih nyaman. Selain bisa menghilangkan pegal-pegal air hangat juga banyak memberi manfaat pada tubuh baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Seperti diketahui kebiasaan mandi secara teratur dapat menghilangkan bau badan, debu dan sel-sel kulit mati. Mandi tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihan, menjaga penampilan agar tetap segar, menjauhkan diri agar tidak stress, juga dapat memelihara kesehatan tubuh. Penggunaan sabun untuk mandi berfungsi untuk membersihkan kotoran dan debu dari permukaan kulit, pengelupasan kulit tua dan mati, serta membunuh kuman penyakit yang melekat.

Mandi dengan menggunakan air hangat atau air dingin akan memberi efek berbeda. Air hangat dapat membuat otot tubuh terasa rileks, sementara air dingin dapat membuat badan terasa segar. Pagi hari sebelum memulai kegiatan sepanjang hari, lebih dianjurkan untuk mandi air dingin, sedangkan mandi air hangat lebih tepat dilakukan pada sore atau malam hari menjelang istirahat.

Mengenai berapa derajat air hangat yang ideal untuk tubuh memang tidak ada standarnya. Tapi yang jelas waspadalah jika air terlalu hangat karena dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan kulit. Untuk itu usai mandi atau berendam air hangat sangat disarankan untuk menggunakan pelembab supaya kelembaban kulit tetap terjaga.

Seperti apakah manfaat air panas ini? Berikut ini ada beberapa khasiat mandi air hangat :
  • Menghilangkan stres.
    Mandi atau berendam air hangat bermanfaat meredam stress setelah berkativitas seharian. Jika ingin lebih rileks, Anda bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk ‘melumerkan’ stres.
  • Membuat tubuh lebih bersih.
    Air hangat punya kelebihan dibanding air biasa. Kotoran yang menempel lebih cepat terangkat, pasalnya air hangat dapat membantu mengangkat minyak pada kulit, jadi tubuh tidak hanya lebih segar dan bersih tapi juga sehat.
    Memperlancar peredaran darah. Saat berendam di air hangat, peredaran darah akan lebih lancar. Cara ini juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah masuk angin.
  • Membuka pori-pori.
    Jika Anda suka menggunakan krim perawatan kulit, pakailah setelah mandi atau berendam air hangat karena pori-pori bisa terbuka dan nutrisi dari krim perawatan lebih efektif masuk untuk menutrisi kulit karena lebih cepat meresap.
  • Tidur lebih lelap.
    Jika Anda punya masalah dengan insomnia, Anda tidak perlu khawatir lagi. Usai berendam air hangat, akan membuat tubuh lebih rileks karena peredaran darah lebih lancar, dengan begitu tidur Anda akan lebih nyenyak.
  • Menghilang racun di tubuh.
    Mandi air hangat dengan suhu sekitar 32 – 35 derajat celcius selama 10 – 20 menit dapat membuka pori-pori yang dapat mengeluarkan toksin atau racun dari dalam tubuh.
    Menurunkan tingkat gula darah. Sebuah studi terbitan New England Journal of Medicine menunjukkan, penderita diabetes yang menghabiskan waktu setengah jam berendam dalam bak air hangat, tingkat gula darahnya turun sekitar 13 %.
  • Mengurangi penyakit kulit.
    Penyakit kulit tertentu seperti eksim, ruam atau gatal-gatal dapat diobati dengan menambahkan baking soda (Sodium Bicarbonate) ke dalam bak mandi air hangat. Dalam hal ini Sodim Bicarbonate bertindak sebagai antiseptik. Dianjurkan berendam selama 10 – 20 menit.
  • Menyembuhkan infeksi yeast .
    Infeksi yeast seperti sariawan dapat dibantu dengan menambahkan tiga atau empat sendok cuka dari sari buah apel ke dalam bak mandi. Dianjurkan berendam selama 15 – 20 menit. Kegiatan ini juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh, karena cuka dapat menyeimbangkan kembali kadar keasaman tubuh.
  • Menghilangkan gejala flu.
    Campurkan air hangat dengan tetesan minyak esensial seperti lavender, peppermint atau lemon. Rendam kaki selama 10 – 20 menit ke dalam larutan tersebut, maka gejala flu dan sakit kepala dapat dicegah.
  • Mengurangi rasa pegal.
    Apabila otot terasa pegal, rendam kaki dengan air hangat bersuhu sekitar 37 derajar celcius yang dicampur dengan sedikit garam. Pada umumnya rasa pegal akan berkurang/hilang dengan cara seperti ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More